Jumat, 08 April 2011

Tau Ga Sih 5 jembatan "TER" sedunia

TERTINGGI

     Jembatan tertinggi di dunia sebenarnya berada di pegunungan Himalaya, karena terletak setinggi 5606 m di atas permukaan laut. Jembatan bernama Baily yang jaraknya cuma 30 meter ini, dibangun oleh tentara India pada tahun 1982. Tapi kalau yang dimaksud adalah jembatan tertinggi yang berada tepat di atas laut, maka The Royal Gorge berhasil meraih predikat itu. Dengan tinggi 321 m, jembatan yang dibangun pada tahun 1929 ini membentang di atas sungai Arkansas, Colorado, Amerika Serikat. The Royal Gorge juga meraih predikat sebagai jembatan bersuspensi tertinggi di dunia.

TERPANJANG
 
      Jembatan kembar Pontchartrain adalah yang terpanjang di dunia. Jembatan pertama dibuat pada tahun 1955 dan sepuluh tahun kemudian, dibuat jembatan kedua yang membentang di atas danau Pontchartrain dengan jarak 38.6 km. Pembangunan jembatan yang seperti tak berujung ini, menghabiskan biaya sebesar 84 juta dollar dan membutuhkan sekitar 18.000 batang tonggak peyangga. Awalnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan kota New Orleans dengan St. Tamany Parish.

TERBESAR

     San Fransisco yang terkenal dengan Golden Gate-nya, justru punya jembatan terbesar di dunia. Jembatan Trans-Bay yang menghubungkan antara kota San Fransisco dengan Oakland ini, pertama kali dibuka pada 12 November 1936. Dengan jarak sepanjang 13.27 km, jembatan yang dibangun oleh Charles C. Purcell ini, tiap harinya mampu menampung minimal 270.000 kendaraan. Trans-Bay pun memiliki terowongan terpanjang di dunia, 546 meter.

TERUMIT

     Jembatan Seto-Ohashi-Kojima yang meng-hubungkan kota Honshu dan Shikoku pada tahun 1988 merupakan jembatan kombinasi terpanjang di dunia. Seto-Ohashi terdiri dari gabungan antara jembatan jalan (untuk mobil) dan jembatan rel kereta api Jepang (Shinkasen). Butuh waktu 10 tahun dan biaya lebih dari 1 triliun Yen untuk menyelesaikan jembatan sepanjang 13.22 km yang memiliki ujung berulir ini. Uniknya, jembatan ini terdiri atas 6 jembatan yang menghubungkan pulau kecil yang terletak di antara dua kota besar itu, yaitu jembatan Shimotsui Seto, jembatan Hitsuishijima, jembatan Iwakurojima, jembatan Yoshima, jembatan Kita Bisan Seto dan jembatan Minami Bisan Seto.

TERALAMI

     Inilah jembatan alam terbesar Mahakarya Sang Pencipta !!! Rainbow Bridge (jembatan pelangi), terletak di daerah cagar alam dan reservasi uku Indian di lembah batu Navajo Mountain, Utah, Amerika Serikat. Tingginya hampir sama dengan Patung Liberty, 88.4 meter. Ia membentang selebar 83.8 meter (kayak sungai) dan berdiri kokoh dengan ketebalan sebesar 12.8 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar