Jumat, 15 April 2011

Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadinya ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti kebutuhan sandang, pangan, pakan. Kemiskinan bisa terjadi karena sulitnya untuk mendapatkan pendidikan di sekolah, lapangan pekerjaan yang susah di dapat, dan juga karena kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar.
Dampak dari adanya kemiskinan adalah banyaknya tindak kriminalitas yang terjadi, dimana mengharuskan seseorang untuk melakukan kejahatan demi bisa bertahan hidup, padahal dengan cara yang seperti itu amat sangat merugikan bagi orang lain dan tentunya bagi dirinya sendiri, namun karena kerasnya hidup mereka yang melakukan tindak kejahatan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Selain itu kemiskinan juga berdampak pada kesehatan, seperti kita lihat pada kehidupan nyata, banyaknya bangunan-bangunan kumuh dipinggir kali dapat menyebabkan terganggunya kondisi kesehatan, bayangkan saja untuk melakukan kegiatan sehari-hari pasti bertumpu pada air kali yang merupakan sumber penyakit. Karena ketidakmampuan untuk membayar air bersih, mereka pun terpaksa menggunakan air kali yang keruh, bercampur berbagai macam kotoran yang dapat menimbulkan penyakit. Sungguh miris nasib orang-orang miskin di Indonesia, sedangkan pemerintah kurang peduli dengan keadaan mereka, secara dimana-mana banyak sekali bangunan-bangunan pencakar langit dibangun dengan tujuan untuk perkembangan pembangunan, tapi tidak memperhatikan nasib rakyatnya, sehingga kemiskinan tiap tahunnya bertambah, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin melarat. Bahkan untuk mendapatkan kesehatan saja susah. Sudah banyak bukti di Indonesia, orang miskin tidak layak untuk sehat, karena mereka tidak mampu untuk membayar biaya pengobatan yang amat sangat mahal harganya. Walaupun sudah membawa kartu miskin namun, masih banyak Rumah Sakit besar yang menolak dan mengoper-oper masyarakat miskin.
Penanggulangan kemiskinan haruslah seimbang antara daerah dan kota. Untuk itu pemerintah haruslah menyiapkan dana yang amat besar.  Diketahui bahwa anggaran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Namun peningkatan anggaran saja belum cukup untuk menanggulangi masalah kemiskinan tanpa disertai perencanaan progam yang lebih efektif. Karena itu, pemerintah telah melakukan harmonisasi dan sinergi program dan anggaran penanggulangan kemiskinan di tingkat pusat yang implementasinya dijalankan secara nyata dan menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar