Rabu, 04 Januari 2012

Kegiatan Ekonomi Koperasi Terus Bertambah

Jakarta – Pertumbuhan koperasi saat ini terus meningkat. Tidak saja jumlahnya yang terus bertambah, tetapi juga kegiatan ekonomi yang digerakkannya.

Saat ini kegiatan ekonomi keperasi mencapai Rp 93,7 triliun atau naik 29,67 persen yang setara dengan peningkatan sebesar Rp 28,83 triliun dari tahun 2008. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarifudin Hasan saat memperingati Hari Nasional Koperasi ke-64 di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan pertumbuhan kegiatan ekonomi koperasi tersebut tak lepas dari pertumbuhan ekonomi nasional saat ini.

“Pertumbuhan ekonomi saat ini sangat baik, yang diikuti oleh pertumbuhan kegiatan ekonomi koperasi,” kata Syarifudin. Hingga Juli 2011, jumlah koperasi di Indonesia mencapai 186.907 unit dengan berbagai macam usaha yang melibatkan 30,4 juta orang. Meski tidak sedikit yang mati suri atau sedang beristirahat beraktivitas, namun koperasi tetap menjadi salah satu pencipta lapangan kerja yang sangat potensial. Karena itu ke depan upaya revitalisai koperasi akan lebih aktif agar semuanya berfungsi efektif.

“Ini tugas kami (pemerintah-red) untuk tetap membina, memfasilitasi, dan melakukan pemberdayaan kepada koperasi yang belum berhasil agar dapat bangkit dan tumbuh menjadi koperasi yang kuat, kreatif, mandiri, dan memiliki daya saing,” kata anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu. (cara)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar