Minggu, 08 Juni 2014

Pertanyaan dan jawaban untuk tugas softskill semester 8

1. Sebutkan 2 manfaat dari harmonisasi akuntansi !
Jawab :
Pertama, bagi banyak negara, belum terdapat suatu standar kodifikasi akuntansi dan audit yang memadai. Standar yang diakui secara internasional tidak hanya akan mengurangi biaya penyiapan untuk negara- negara tersebut melainkan juga memungkinkan mereka untuk dengan seketika menjadi bagian dari arus utama standar akuntansi yang berlaku secara internasional. 
Kedua, internasionalisasi yang berkembang dari perekonomian dunia dan meningkatnya saling ketergantungan dari negara-negara di dalam kaitannnya dengan perdagangan dan arus investasi internasional adalah argumentasi yang utama dari adanya suatu bentuk standar akuntansi dan audit yang berlaku secara internasional.

2. Sebutkan 3 perbedaan antara harmonisasi dengan standarisasi !
Jawab :
*Harmonisasi
-Proses untuk meningkatkan kompabilitas (kesesuaian) praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam.
-Tidak menggunakan pendekatan satu ukuran untuk semua.
-Tetapi mengakomodasi beberapa perjanjian dan telah mengalami kemajuan yang besar secara internasional dalam tahun-tahun terakhir.

*Standarisasi
- Penerapan satu standar atau aturan tunggal dalam segala situasi.
-Standarisasi tidak mengakomodasi perbedaan-perbedaan antarnegara.
-Lebih sukar untuk di implementasikan secara internasional.

3. Sebutkan tujuan dari IASB !
Jawab :
-Untuk mengembangkan dalam kepentingan umum, satu set standar akuntansi global yang berkualitas tinggi, dapat dipahami dan dapat diterapkan yang mewajibkan informasi yang berkualitas tinggi, transparan, dan dapat dibandingkan dalam laporan keuangan.
-Untuk mendorong penggunaan dan penerapan standar-standar tersebut yang ketat.
-Untuk membawa konvergensi standar akuntansi nasional dan Standar Akuntansi Internasional dan Pelaporan Keuangan Internasional kearah solusi berkualitas tinggi.

4. Sebutkan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap peramalan dan penilaian internasional !
Jawab :
Fluktuasi kurs, perbedaan akuntansi, perbedaan praktik dan kebiasaan bisnis, dan perbedaan pasarmodal.

5. Bagaimanakah perkembangan dari analisis dan penilaian keuangan internasional ?
Jawab :
Analisis dan penilaian keuangan internasional ditandai dengan banyak kontradiksi. Di satu sisi, begitu cepatnya proses harmonisasi standar akuntansi telah mengarah pada semakin meningkatnya daya banding informasi keuangan di seluruh dunia.
Terlepas dari konradiksi yang masih terus berlanjut, hambatan untuk analisis dan penilaian keuangan internasional semakin menurun dan pandangan pada analisis secara umum masih positif. Globalisasi pasar modal, kemajuan dalam teknologi informasi dan kompetisi antar pemerintah nasional, bursa efek dan perusahaan-perusahaan untuk menarik investor dan kegiatan perdagangan yang meningkat masih terus berlanjut.

6. Mengapa analisis rasio dan analisis arus kas merupakan alat yang penting dalam melakukan analisis keuangan ?
Jawab :
Karena analisis rasio mencakup perbandingan rasio antara suatu perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama, perbandingan rasio suatu perusahaan antar waktu atau dengan periode fiskal yang lain, dan atau perbandingan rasio terhadap beberapa acuan yang baku, sedangkan
analisis arus kas berfokus pada laporan arus kas, yang memberikan informasi mengenai arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan, yang diklasifikasikan menjadi aktivitas operasi, investasi dan pendanaan, serta pengungkapan mengenai aktivitas investasi dan pendanaan non kas secara periodik.
 

7.  Sebutkan 3 kurs yang dapat digunakan ketika menyusun draft anggaran operasional pada awal periode !
Jawab :
a)      Kurs spot yang berlaku ketika anggaran disuusun,
b)      Suatu kurs yang diperkirakan akan berlaku pada akhir periode anggaran (kurs proyeksi),
c)      Kurs pada akhir periode jika anggaran disesuaikan jika kurs berubah (kurs penutupan).
 
8. Jelaskan perbedaan antara sistem pengendalian manajemen dengan sistem pengendalian keuangan !
Jawab :
Sistem pengendalian manajemen bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan cara yang paling efektif dan paling efisien, sedangkan sistem pengendalian keuangan merupakan sistem pengukuran kauntitatif dan komunikasi yang memfasilitasi pengendalian melalui :
a)      Komunikasi tujuan-tujuan keuangan secara tepat di dalam organisasi,
b)      Memperinci kriteria dan standar dalam evaluasi kinerja,
c)      Mengawasi kinerja, dan
d)     Mengkomunikasikan penyimpanan antara kinerja aktual dan neraca kepada pihak-pihak yang   bertanggung jawab.
 
9.  Jelaskan tentang penganggaran modal dalam lingkungan internasional !
Jawab :
Keputusan untuk melakukan investasi luar negeri merupakan elemen yang sangat penting dalam strategi global sebuah perusahaan mutinasional. Investasi asing langsung umumnya melibatkan sejumlah besar modaldan prospek yang tidak pasti. Risiko investasi diikuti oleh lingkungan yang asing, rumit, dan senantiasa berubah. Perencanaan formal merupakan suatu keharusan dan umumnya dilakukan dalam suatu kerangka penganggaran modal yang membandingkan manfaat dan biaya investasi yang diusulkan.
Dalam lingkungan internasional, perencanaan investasi tidak sesederhana itu. Perbedaan dalam hukum pajak, sistem akuntansi, laju inflasi, risiko nasionalisasi, kerangka mata uang, segmentasi pasar, pembatasan dalam pengalihan laba ditahan dan perbedaan dalam bahasa dan budaya menambah unsur-unsur kerumitan yang jarang ditemui dalam lingkungan domestik.
 
10. Sebutkan hambatan yang dilalui dalam melakukan analisis strategi usaha dalam lingkungan internasional dan jelaskan !
Jawab :
Hambatan yang dilalui :  
a. Ketersediaan informasi, analisis strategi usaha sulit dilakukan dibeberapa negara karena kurang andalnya informasi mengenai perkembangan makro ekonomi .
b. Rekomendasi untuk melakukan analisis, keterbatasan data membuat upaya untuk melakukan analisis strategi usaha dengan menggunakan metode riset tradisional menjadi sukar dilakukan, seringkali dilakukan perjalanan untuk mempelajari iklim bisnis setempat dan bagaimana industri dan perusahaan sesungguhnya beroperasi, khususnya di negara-negara pasar berkembang. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar